We Can Do The Great Thing For God, when We Do A Little Things For Others

When We Love God, We Will Serve People

Minggu, 29 April 2012

Penentuan Masa Depanku


Aku menyebutnya penentuan masa depan karena melalui keputusan yang akan aku ambil itulah gambaran bagaimana aku akan hidup, dibidang apa akan aku bekerja dan bagimana aku akan menghabiskan hidupku. Tentunya tidak terlepas dari campur tangan Sang Maha Kuasa. Masa itu adalah masa dimana aku harus memilih jurusan apa yang akan aku ambil di dunia perguruan tinggi, yang menjadi cikal bakal pekarjaan yang akan aku geluti.
Setelah ujian nasional ditingkat SMU, aku belum yakin aku mau masuk jurusan apa pada saat kuliah nantinya. Aku mengikuti berbagai bimbingan belajar sebagai persiapan aku ikut SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru).  Aku dapat informasi dari beberapa orang kalau masuk STAN (Sekolah Tinggi Akuntasi Negara)  akan memiliki masa depan yang baik, kuliah dibiayai dan setelah lulus kuliah juga langsung dapat kerja (penempatan kerja). Wow, keren tuh kayaknya. Jadi seketika itu juga aku memutuskan untuk mau masuk STAN. Aku tinggalkan bimbelku, aku ikut kursus untuk persiapan ujian masuk STAN. Aku belajar giat untuk STAN ini.
Aku tidak mau mengabil risiko jadi aku ikut ujian STAN dan SPMB juga. Yang menjadi masalah sekarang adalah SPMBnya. Aku belum tahu mau ambil jurusan apa. Yang aku tahu bahwa UI (Universita Indonesia) dan ITB (Institut Teknologi Bandung) merupakan universitas yang sangat difavoritkan di Indonesia. Ditengah-tengah kebingunganku akan masa depan, aku memilih 2 universitas itu sebagai target dan tujuan masa depanku setelah STAN. Tapi mau juruasn apa???
Bingung… Aku coba buka buku yang bersisi tentang juruan-jurusan yang ada di universitas. Setelah aku liat, banding-bandingkan,piker-pikirkan, sepertinya jurusan FIK UI (Fakultas Ilmu Keperawatan) dan Teknik Geologi ITB adalah jurusan yang cocok untukku, aku pasti bisa lulus di salah satu jurusan itu, yang manapun dari 2 itu, yang terpenting aku bisa lulus di univeritas yang banyak diidam-idamkan di negeri ini. Yah walapun nantinya aku tidak lulus di STAN, aku masih bisa punya cadangan yang lain. Itu artinya 2 untiversitas itu adalah tujuanku setelah STAN. Itu akan membuatku cukup berbangga hati.
Aku ikuti ujian STAN dan SPMB. Pengumuman hasil SPMB lebih dahulu keluar dari hasil ujian STAN. Hasil SPMB menyatakan aku lulus di FIK UI, sementara hasil ujian STAN belum keluar. Aku masih berharap kalau aku bisa lulus di STAN dan sambil menunggu pengumuman itu aku harus melakukan daftar ulang di FIK UI, sebagai cadangan bagimana masa depanku. Oke, keputusan itu telah aku ambil, aku tidak boleh mengambil risiko, aku akan melakukan daftar ulang di FIK UI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar